Praktik Berenang Mata Pelajaran Olahraga

Kegiatan Belajar Mengajar atau sering disebut dengan KBM tidak selalu identik dengan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dengan media papan tulis, spidol, buku pelajaran, guru menyampaikan dan siswa merangkum segala hal yang diucapkan oleh guru. KBM juga dapat dilakukan dengan menggunakan media-media lain selain yang telah disebutkan di atas dan dengan metode dan strategi yang lain. 

Namun, selain dengan penyampaian materi dan penggunaan media-media, kegiatan KBM untuk sebagian besar mata pelajaran juga perlu dilakukan praktik. Kegiatan KBM tersebut perlu dilakukan praktik supaya peserta didik tidak hanya mampu memahami teori tetapi juga mampu dalam mengaplikasikan teori ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan praktik yaitu mata pelajaran Olahraga. 


Untuk mata pelajaran Olahraga sangatlah perlu dilakukan praktik lapangan langsung untuk memahami dan menguasai materi yang disampaikan atau diberikan oleh guru. Sebagai contoh yaitu materi berenang. Untuk materi ini, jika peserta didik hanya diberi teori dan teori saja tanpa adanya praktik lapangan, maka kecil kemungkinan peserta didik tersebut akan mampu untuk berenang. Oleh sebab itu, pada materi olahraga yang di ampu oleh bapak Agus Suparjo, S.Pd, seluruh peserta didik diajak untuk praktik sekaligus pengambilan nilai untuk materi berenang di salah satu tempat berenang yang lokasinya tidak jauh dari sekolah. 

Dalam kegiatan ini dilakukan di luar jam pembelajaran dengan dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kelompok putra dan kelompok putri. Untuk kelompok putra praktik berenang pada hari Sabtu  lalu (12/01) dan kelompok putri praktik pada hari Minggu (13/01) .

Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya mampu menguasai teori namun juga siswa dapat dan mampu menguasai materi secara praktik bahkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

0 Comments