Perbankan Syariah

(PBS)

Sebagaimana SMK pada umumnya yang menginduk kepada Kementerian Pendidikan Nasional, maka kurikulum SMK Ekonomi Syariah secara umum mengacu kepada kurikulum Diknas, plus Kurikulum Perbankan Syariah (lokal). 

Mengacu kepada kurikulum, kita dapat membayangkan bagaimana output dan outcame SMK Perbankan Syariat tersebut yang secara singkat dapat dikatakan “mampu menjadi praktisi perbankan syariah”. 
Tujuan Umum dari Kompetensi Keahlian Perbankan Syari’ah ini antara lain:
Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, serta sehat jasmani dan rohani, dan menjadi warga negara yang demokratis.

Menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Perbankan Syari’ah yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mencintai profesi pekerjaannya.

Tujuan khusus dari Kompetensi Keahlian Perbankan Syari’ah ini antara lain:
Untuk memasuki lapangan kerja dunia industri atau lembaga keuangan serta mengembangkan sikap profesional dalam bidang dunia Perbankan Syari’ah.

Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Perbankan, khususnya dunia Perbankan Syari’ah.

Menyiapkan peserta didik untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri (bekerja untuk dirinya sendiri) dan untuk mengisi kebutuhan dunia kerja yang berkaitan dengan dunia Industri, Lembaga Keuangan, dan Perbankan.

Menyiapkan Lulusan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif khususnya yang berkaitan dengan dunia Perbankan Syari’ah.

0 Comments